Jasa pembuatan SBU hadir untuk mempermudah pengurusan SBU walau Anda dapat melakukannya secara mandiri. SBU atau Sertifikat Badan Usaha sendiri merupakan dokumen resmi penting yang wajib bagi setiap badan usaha di bidang konstruksi. Pilih jasa pembuatan SBU terbaik melalui tips berikut, ketahui juga lengkapnya fungsi SBU dalam perencanaan usaha.
Tips Memilih Jasa Pembuatan SBU
1. Mengecek Legalitas Perusahaan
SBU merupakan sertifikat resmi yang LPJK keluarkan bagi badan usaha yang melayani jasa konstruksi. Maka karena sertifikat ini bersifat resmi, jasa pengurusan SBU yang Anda pilih untuk membantu proses pembuatannya harus terdaftar resmi juga. Jasa pembuatan SBU wajib berizin sehingga Anda bisa memperoleh SBU secara legal untuk dapat memanfaatkannya.
Untuk dapat mengetahui apakah jasa pengurusan yang Anda ingin pakai itu resmi, lakukan riset secara cermat. Kredibilitasnya dapat dilihat juga dari kejelasan alamat kantor; bukan sekadar mengetahuinya dari situs jasa konsultan, tapi mendatangi langsung lokasi kantor. Dengan begini, Anda dapat memercayakan dokumen dan data penting persyaratan untuk memperoleh SBU.
2. Melihat Profesionalitas
Jam terbang para konsultan dalam tim jasa pembuatan SBU menentukan seberapa profesional mereka dalam melayani klien. Anda dapat menanyakan langsung kepada konsultan tentang sudah berapa lama mereka bergerak di bidang pengurusan SBU. Meski begitu, memang hal ini tidak dapat menjadi patokan karena ada jasa yang baru pun memiliki profesionalitas tinggi.
Biaya jasa pembuatan SBU beragam dikarenakan tingkat profesionalitas setiap perusahaan jasa konsultan yang berbeda-beda. Bila pengurusan izin konstruksi selalu berhasil dan tidak makan waktu lama, maka artinya jasa ini sudah berpengalaman. Proses permohonan SBU bisa dikerjakan lebih mudah, aman, dan cepat sesuai persyaratan dan peraturan yang berlaku.
3. Mempertimbangkan Segi Transparansi
Jasa yang baik akan memberikan layanan maksimal secara transparan melalui penjelasan berkala mengenai proses dan tahap ajuan permohonan SBU. Penjelasan ini dibutuhkan klien secara berkala untuk mengetahui sudah sampai mana dokumen tersebut, apakah sudah pada tahap validasi atau belum. Hal ini pun tampak dari seberapa komunikatif konsultan yang membantu.
Tidak hanya perihal proses tahapan ajuan permohonan SBU, jasa yang benar pasti transparan dalam hal administrasi. Walau pembayaran berbeda-beda pada setiap perusahaan jasa konsultan SBU, Anda sebagai klien tetap wajib menanyakan secara detail. Pembayaran biasanya hanya sekali pada waktu pengurusan dan pastikan untuk memeriksa keaslian SBU jika sudah keluar.
4. Menimbang Penawaran Harga
Jasa pembuatan SBU konstruksi memang menawarkan layanan yang berbeda-beda sehingga tarif antara satu jasa dengan jasa lainnya juga bervariasi. Namun mengingat bahwa SBU adalah sertifikat resmi yang penting untuk kelangsungan kegiatan sebuah badan usaha, tentu jasa pengurusannya tidak murah. Pastikan tidak tergiur dengan tawaran tarif yang terlalu murah.
Layanan dengan penawaran harga di bawah pasaran justru mencurigakan dan sebaiknya Anda hindari. Namun, bukan berarti layanan dengan tarif super mahal pun laik Anda ambil karena tidak semua klien memiliki anggaran yang cukup. Pertimbangkan penawaran harga yang normal dan terlihat wajar, lalu sesuaikan dengan anggaran pribadi/perusahaan agar tidak menyesal.
5. Mempertimbangkan Ada Tidaknya Garansi
Jasa pembuatan SBU bergaransi jelas memerhatikan kenyamanan dan kepuasan kliennya karena ada jaminan pengurusan SBU yang cepat dan lancar. Anda bisa menanyakan langsung perihal ada tidaknya garansi yang ditawarkan oleh jasa konsultan. Jika tersedia garansi, maka Anda dapat lebih mempertimbangkan untuk menggunakan jasa tersebut karena ada tanggung jawab.
Maka setelah berkonsultasi dan pada waktu akan memulai proses pengurusan SBU, Anda perlu membuat kesepakatan dengan pihak konsultan. Tanyakan tentang berapa lama proses pengajuan permohonan SBU dan bagaimana jika rupanya nanti timbul hambatan yang memperlambatnya. Jika tidak selesai tepat waktu seperti kesepakatan, minta kejelasan dari konsultan sampai tuntas.
6. Meminta Rekomendasi dari Teman
Agar lebih mudah dalam memperoleh jasa pengurusan SBU yang tepat, meminta rekomendasi dari teman atau kerabat adalah ide bagus. Jika orang terdekat Anda sudah pernah menjadi klien jasa tersebut dan proses pengurusan baik dan cepat, artinya jasa tersebut terpercaya. Anda bisa mengajukan permohonan SBU dan menyerahkan dokumen ke konsultan secara tenang.
Fungsi SBU dan Kenapa Anda Perlu Memilikinya?
1. Sebagai Pemenuhan Syarat IUJK
Jasa pengurusan SBU dapat membantu Anda secara cepat memperoleh SBU tanpa ribet sehingga bisa segera mengoperasikan kegiatan konstruksi. Fungsi SBU yang paling utama adalah memenuhi syarat IUJK sehingga jasa konstruksi yang Anda miliki dapat beroperasi secara legal. Tanpa SBU, jasa konstruksi tidak memiliki izin untuk beroperasi walau semua sudah siap.
2. Sebagai Bukti Kompetensi Badan Usaha
Dengan memiliki SBU, artinya perusahaan jasa konstruksi Anda sudah diakui dan terbukti berkompeten di bidangnya oleh otoritas terkait. Tanpa sertifikat resmi ini, selain jasa konstruksi tidak bisa mulai beroperasi, kompetensinya tidak dapat diakui. SBU membuat perusahaan Anda lebih terpercaya dalam menjalankan konstruksi yang aman dan sesuai ketetapan standar.
3. Sebagai Peningkat Kredibilitas
Konsultan AMDAL, SLF, maupun SBU membantu para klien agar dapat membangun gedung dan memiliki kegiatan usaha secara legal. Legalitas begitu penting, khususnya bagi perusahaan konstruksi pemilik SBU resmi agar kredibilitas semakin baik. Dengan begitu perusahaan lebih mudah ikut tender yang diselenggarakan pemerintah karena telah berkualifikasi.
Pentingnya Menggunakan Jasa Pengurusan SBU
1. Profesional dan Cepat
Pemilik perusahaan jasa konstruksi dapat mengurus SBU secara mandiri, mulai dari pengumpulan dokumen hingga pengajuan permohonan kepada otoritas terkait. Namun dengan mengandalkan jasa khusus pembuatan SBU, prosesnya akan lebih lancar dan cepat. Terdapat tenaga ahli berpengalaman di bidangnya yang memahami regulasi, persyaratan, dan lainnya.
2. Aman dan Transparan
Jika memilih jasa konsultan yang tepat untuk mengurus SBU, dari awal hingga akhir proses pengajuan permohonan dapat dilakukan secara aman. Tidak hanya dokumen Anda terjaga keamanannya, tapi jasa konsultan juga menjamin transparansi sesuai standar ketetapan Kementerian PUPR dan LPJK. Mereka akan menjelaskan perkembangan secara bertahap.
3. Kreatif dan Inovatif
Konsultan SLF, AMDAL, hingga SBU biasanya memiliki tenaga ahli yang tidak sekadar mumpuni dan berkualitas dengan pemahaman teknisnya. Setiap klien yang ingin berkonsultasi dan menceritakan keluhan terkait sertifikasi atau perizinan akan dibantu secara profesional. Berbagai keluhan atau masalah direspons secara tanggap dan melalui pemberian solusi kreatif.
Jasa pembuatan SBU yang terpercaya dan berpengalaman dapat melakukan terobosan melalui inovasi-inovasi yang ditunjukkan kepada klien. Maka cukup dengan datang langsung dan berkonsultasi, Anda kemudian harus memilih klasifikasi SBU dan menyerahkan persyaratan. Selanjutnya, pengajuan permohonan dapat diproses dan tinggal menunggu SBU terbit.
Jasa pembuatan SBU membantu Anda agar proses pengajuan permohonan SBU lebih lancar daripada mengurusnya sendiri. Pilih jasa layanan terpercaya dengan meriset pengalaman mereka lebih dulu agar data Anda aman saat sudah diserahkan. Hubungi secara online atau datangi kantor secara langsung untuk mulai berkonsultasi sebelum pengumpulan dokumen penting.