Biaya konsultan SLF bervariasi namun jasa seperti ini dibutuhkan oleh masyarakat dalam memeriksa kelaikan fungsi bangunan. Proses mengurus dokumen penting terkait legalitas dan kelaikan fungsi suatu bangunan agar sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku cukup panjang. Berikut sejumlah informasi terkait biaya konsultan dan dampak tidak mengurus SLF.
Faktor Yang Mentukan Besaran Biaya Konsultan SLF
1. Lokasi Bangunan
Konsultan SLF mengurus berbagai surat penting masyarakat pengguna jasa mereka dan biaya untuk jasa ini bisa bermacam-macam. Salah satu faktor yang menentukan biaya jasa SLF adalah lokasi bangunan yang hendak diperiksa. Adanya peraturan lokal di sejumlah daerah akan sangat berpengaruh terhadap tarif yang dipasang, begitu juga dengan biaya tenaga kerja.
2. Jenis dan Ukuran Bangunan
Jenis bangunan yang diperiksa oleh konsultan SLF berbeda-beda jenisnya, seperti bangunan industri, residensial, atau komersial. Ketiganya adalah tipe bangunan berbeda yang bisa dilihat dari ukuran maupun segi fungsinya. Pemeriksaan jauh lebih detail dan memakan lebih banyak waktu pada bangunan besar dan lebih kompleks sehingga otomatis tarif lebih tinggi.
3. Keadaan Bangunan
Faktor lainnya yang memengaruhi biaya jasa konsultan SLF adalah kondisi bangunan yang masuk dalam daftar inspeksi. Syarat pemeriksaan bangunan lama yang sudah memerlukan perbaikan dengan bangunan baru jadi bisa sangat berbeda. Jumlah pengujian dalam proses pemeriksaan bisa lebih banyak atau sedikit tergantung keadaan bangunan tersebut.
4. Pengalaman dan Profesionalitas Konsultan
Total biaya konsultan SLF yang sudah berpengalaman dan berkualifikasi tinggi dengan yang kurang pengalaman dan berkualifikasi rendah tentu akan berbeda. Jam terbang dan layanan profesional yang terjamin tinggi tentu membuat inspeksi jauh lebih cepat selesai dengan hasil memuaskan. Maka dengan kualitas sebagus ini, tarif jasa yang ditawarkan pun akan lebih tinggi.
5. Cara Pemeriksaan
Tinggi rendahnya biaya konsultan dalam mengurus SLF juga dapat ditentukan oleh cara pemeriksaan yang digunakan secara menyeluruh. Terdapat metode manual maupun lebih canggih dari awal hingga akhir inspeksi sebuah bangunan. Semakin canggih peralatan yang dipakai maka proses semakin cepat dan tingkat akurasi hasilnya pun lebih tinggi sehingga biaya lebih mahal.
6. Jumlah Anggota Tim Konsultan
Konsultan SLF umumnya memiliki sebuah tim yang para anggotanya bekerja sama dalam pemeriksaan agar lebih akurat dan cepat. Namun bila jumlah anggota tim konsultan semakin banyak, semakin tinggi pula biaya yang ditawarkan dalam layanan ini. Biaya juga akan makin besar ketika memilih satu tim konsultan yang sudah berpengalaman di bidangnya.
7. Persyaratan Lainnya
Terdapat faktor lainnya yang dapat memengaruhi besar anggaran pengurusan SLF menggunakan jasa konsultan. Biaya akan lebih tinggi biasanya apabila ada pengumuman tambahan persyaratan yang juga memengaruhi kelancaran proses pemeriksaan. Begitu juga dengan adanya dokumen yang kurang dan mungkin harus dilengkapi, faktor ini meningkatkan tarif jasa konsultan.
Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan SLF Untuk Bisnis
1. Efektif
Mengurus SLF sendiri mungkin akan cukup merepotkan karena ada banyak dokumen penting yang dibutuhkan. Namun ketika datang pada konsultan yang tepat dan berpengalaman, segala urusan pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan bisa diserahkan sepenuhnya. Jasa terbaik pasti memproses secara efektif sehingga surat/dokumen legalitas bangunan sampai ke tangan klien.
2. Cepat
Konsultan AMDAL, SLF, hingga SBU membantu mempercepat segala urusan yang biasanya dapat memakan waktu lama apabila diurus oleh klien sendiri. Terdapat kesulitan-kesulitan yang berpotensi membuat bingung klien saat harus mengurus sendiri. Namun dengan adanya konsultan, klien cukup tinggal memenuhi persyaratan supaya prosesnya akan lebih cepat.
3. Aman
Selain efektif dan cepat, penggunaan jasa konsultan SLF yang profesional dan terpercaya akan sangat aman. Penerbitan SLF secara legal yang dibutuhkan oleh perusahaan dapat dikerjakan secara lebih efisien oleh konsultan yang tepat. Jika reputasi konsultan juga sudah terkenal baik, maka biasanya segala proses administratif berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu.
4. Berpengetahuan Luas
Biaya konsultan SLF terbaik seringkali tergolong tinggi karena para konsultan ini berpengetahuan luas. Mereka paham seluk-beluk persyaratan maupun pengajuan SLF sehingga dapat memastikan dan menyesuaikan setiap proses dengan standar yang berlaku. Konsultan juga membantu para klien agar menyiapkan seluruh persyaratan secara cermat dan lengkap.
Hal tersebut yang kemudian membuat klien lebih hemat waktu dan tenaga karena konsultan bekerja secara lebih efisien. Konsultan tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dituju, termasuk pihak berwenang yang terkadang klien sendiri sulit temui. Risiko penolakan penerbitan SLF pun dapat diminimalisir karena persyaratan seluruhnya sudah terpenuhi.
Dampak Pada Bisnis Jika Tidak Mengurus SLF
1. Tidak Ada Perawatan Bangunan
Tidak mengurus SLF memberi dampak salah satunya tidak boleh mengambil biaya perawatan bangunan. Ini termasuk kerugian yang sebenarnya bisa dicegah melalui kepemilikan SLF dengan bantuan konsultan bila tidak ingin/bisa mengurus sendiri. Jika tidak ada SLF, biaya perawatan dan pemeliharaan keamanan pun berisiko tidak ada.
Jasa pengurusan SBU dan SLF memang memerlukan anggaran khusus, namun tidak ada salahnya mengandalkan tim konsultan yang berkredibilitas. Terbebas dari biaya perawatan bangunan bukan hal yang bagus, sebab perawatan rutin tetap diperlukan demi menjaga kondisi bangunan. Ketika bangunan terawat dengan baik, kesejahteraan lingkungan akan ikut terdukung.
2. Sanksi Administrasi
Dampak tidak memiliki SLF lainnya yang juga bisa sangat merugikan pemilik bangunan adalah berupa sanksi administrasi. Sanksi seperti ini biasanya diawali dengan teguran tertulis yang belum berpengaruh apapun. Namun bila pemilik bangunan terlalu lama menunda penerbitan SLF, akan ada sanksi lain yang lebih parah.
Sanksi bisa berbeda-beda, sebab pada beberapa kasus sanksi bisa lebih serius, seperti halnya pembongkaran bangunan secara paksa. Oleh sebab itu, penggunaan jasa konsultan SLF lebih direkomendasikan supaya kegiatan pembangunan lancar dan tidak berisiko dibongkar. Mengurusnya sendiri dapat cukup memakan waktu, namun konsultan bisa bekerja lebih cepat.
3. Peluang Penerbitan AJB Hilang
Biaya konsultan SLF profesional memang tergolong cukup tinggi walau tarif bervariasi, namun setiap pemilik bangunan tidak akan menyesal. Dengan memiliki SLF, bangunan bisa digunakan untuk kegiatan apa saja, termasuk diperjualbelikan secara bebas, legal, dan aman. Sebab tanpa adanya SLF, pemilik tidak dapat menerbitkan AJB dan bangunan tidak pernah bisa dijual.
Adanya sertifikat resmi membuat calon pembeli bangunan lebih yakin dan merasa aman karena bertransaksi secara legal. Ada jaminan perlindungan bagi pembeli maupun penjual saat ada SFL yang juga akan berdampak baik bagi kelancaran bisnis. Sebaliknya, tanpa SFL bisnis jual beli bangunan mudah terhambat karena para calon pembeli tidak gampang percaya.
Biaya konsultan SLF dapat berkisar antara Rp 10-50 juta, tergantung dari tingkat profesionalitas tim yang Anda datangi dan percaya. Meski demikian, ada pula jasa konsultan SLF yang bertari jauh lebih tinggi dari nominal tersebut. Sebelum fokus pada biaya, cari dulu jasa yang tidak hanya bekerja cepat tapi juga berkredibilitas baik serta terbukti berpengalaman.