Pengurusan SIUJK adalah hal yang perlu dilakukan oleh para pemilik perusahaan yang hendak melaksanakan kegiatan usaha di bidang jasa konstruksi. Tidak hanya untuk para kontraktor atau pelaksana konstruksi, sebab SIUJK juga harus dimiliki para konsultan di bidang ini.
Di sisi lain, apabila Anda tidak ada waktu atau terlalu repot mengurus perizinan ini, maka Anda dapat meminta bantuan jasa profesional. Berikut deretan informasi mengenai SIUJK untuk Anda simak sebelum mengurusnya.
Pentingnya Mengurus SIUJK bagi Perusahaan Kecil
1. Peluang Bekerja Sama dengan Berbagai Instansi Lebih Besar
Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi merupakan surat penting yang perlu Anda urus segera bila memiliki usaha di bidang jasa konstruksi. Baik kontraktor atau konsultan yang masih baru dan perusahaan masih tergolong kecil, kepemilikan SIUJK akan memudahkan segala hal. Salah satunya adalah kesempatan mengikuti tender besar ke depannya.
Pengurusan SIUJK secara singkat dan mudah tanpa repot bisa mengandalkan jasa pembuatan profesional. Anda tidak perlu repot dan segera memiliki hasil suratnya untuk dapat berpartisipasi dalam tender proyek pembangunan oleh berbagai instansi pemerintahan. Walau terhitung masih baru, Anda pasti akan memperoleh kesempatan meraih keuntungan besar.
2. Peningkatan Kredibilitas
Alasan lain mengapa Anda harus mengurus SIUJK dan memiliki surat ini meski baru merintis perusahaan adalah karena berpengaruh pada kredibilitas. Perusahaan kecil tetap membutuhkan SIUJK secepatnya agar tidak dipandang sebelah mata oleh instansi lain. Kesempatan Anda untuk memiliki kesan lebih baik tentu semakin besar berkat SIUJK.
Pengurusan SIUJK dapat Anda serahkan kepada jasa yang memang berkecimpung dalam mengurus surat-surat izin resmi seperti ini. Agar segala sesuatunya efisien dan dengan lebih cepat memiliki SIUJK, artinya kredibilitas Anda meningkat. Anda siap bersaing dengan pelaku usaha serupa dan lebih percaya diri di hadapan hukum.
3. Pelebaran Sayap Usaha
Dengan pemilik usaha memiliki SIUJK, artinya badan usaha yang dibangun berkredibilitas baik dan hal itu telah dijamin. Kredibilitas tidak hanya dilihat dari segi keterampilan maupun kompetensi yang mumpuni, tapi juga dari modal berupa SIUJK. Memiliki tim sebanyak, seterampil, dan sekompeten apa pun tidak jadi lebih baik tanpa SIUJK.
Panduan pengurusan SIUJK dapat Anda cari tahu lebih dulu atau menyerahkan urusan ini kepada jasa khusus yang membantu membuat SIUJK. Setelah selesai, SIUJK membuat kepercayaan masyarakat, pihak bank, investor, dan pemerintah terhadap usaha Anda meningkat. Otomatis pelebaran sayap usaha akan lebih mudah dilakukan.
4. Pengurusan Pajak
Usaha kecil sekalipun sudah bisa membuat dan memiliki SIUJK demi dapat mengurus pajak sehingga juga mengantongi SBU. Kabar baiknya, dengan memiliki SBU pemilik perusahaan memperoleh pengurangan pajak menurut Peraturan Pemerintah. Jadi, SIUJK tidak hanya menguntungkan dari segi kredibilitas dan pengembangan bisnis.
Jika belum punya SIUJK dan SBU akan dikenakan pajak 6% misalnya, namun jika sudah punya keduanya, maka hanya dikenakan 4%. Khusus bagi usaha yang masih merintis atau tergolong sebagai perusahaan kecil, pajak dikenakan 2% bila sudah ada SIUJK dan SBU. Sedangkan usaha tanpa atau belum memiliki kedua surat izin dikenakan pajak 4%.
5. Kepastian Hukum
Pengurusan SIUJK online maupun melalui jasa pengurusan khusus akan membantu Anda lebih cepat dalam mendapatkan kepastian hukum. Dengan izin ini pemilik perusahaan boleh lega dan tenang karena tersedia jaminan dari badan hukum. Maka misalnya terjadi hal-hal yang tidak diduga dan tidak diinginkan, Anda punya kekuatan hukum yang melindungi.
Apa pun risiko yang mampu merugikan perusahaan, Anda tidak perlu khawatir, termasuk hal sengketa dengan pihak lain. SIUJK dan SBU adalah dua surat izin penting yang jika lengkap dapat Anda jadikan senjata untuk menggugat pihak lawan. Kedua surat berharga ini membantu mempertahankan hal-hal yang menjadi hak Anda.
Syarat Pengurusan SIUJK
Setelah mengetahui betapa pentingnya SIUJK bagi kelangsungan usaha kecil, tentu Anda tidak ingin melewatkan proses pengurusannya. Baik mengurus sendiri maupun mengandalkan jasa pengurusan, selalu ada syarat-syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi.
Untuk itu, perhatikan informasi syarat pengurusannya di bawah ini agar meminimalisir kesalahan:
Fotokopi KTP
Fotokopi NPWP
Fotokopi PKP
Surat Keterangan Tempat Usaha/Domisili Perusahaan
Pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar
Formulir permohonan bermeterai.
Fotokopi IMB
Denah lokasi tempat usaha
Rekomendasi dari Kepala Desa atau Lurah
SBU (asli bukan fotokopi)
Fotokopi IPPT
Data fasilitas peralatan yang pemilik perusahaan miliki
Fotokopi sertifikat tanah
Fotokopi bukti pembayaran PBB
Permohonan NKTT
Dokumen AMDAL atau UKL-UPL atau SPPL
Jika ingin memperpanjang SIUJK, maka sediakan fotokopi SIUJK lama
Akta pendirian usaha dari PT atau CV
Fotokopi SIUP dan TDP
KTA
Proses Pengurusan SIUJK
1. SKA atau SKT
Sertifikasi Tenaga Ahli atau Sertifikasi Tenaga Terampil merupakan tahap pertama dari total empat tahapan proses pembuatan SIUJK. Tenaga Ahli merujuk pada kemampuan teori dan intelektualitas, sementara Tenaga Terampil mengarah pada kemampuan atau keterampilan serta praktiknya. SKT saja diperlukan jika memulai dengan K1.
Jasa pengurusan SIUJK bisa Anda gunakan untuk K1 atau kualifikasi kecil tersebut, sementara itu, SKA dibutuhkan untuk kualifikasi M1. Syaratnya antara lain NPWP, foto 3×4 4 lembar, fotokopi KTP dan ijazah S1. Selain itu, pastikan juga memenuhi syarat pengisian formulir keanggotaan dan merupakan lulusan S1 Teknik dan Pertanian.
2. SBU
Ketika pengurusan SKA berjalan dengan lancar dan SKA atau SKT sudah di tangan, SBU akan lebih mudah diperoleh. Pemilik usaha yang memiliki SBU terbukti memiliki kemampuan mumpuni dan badan usaha jasa konstruksi dianggap berkredibilitas. Namun selain SKA/SKT, Anda harus terdaftar di salah satu anggota asosiasi terakreditasi di LPJK.
SBU juga dianggap sebagai bukti hasil penyetaraan kemampuan badan usaha jasa konstruksi asing, maka tidak hanya menguntungkan bagi usaha lokal. Hanya perusahaan yang sudah dalam bentuk badan usaha dapat mengurus SBU yang kemudian diproses oleh pihak LPJK. TDUP adalah izin yang diperoleh jika usaha dalam bentuk perorangan.
3. SIUJK
Jasa pengurusan SIUJK hadir untuk membantu Anda untuk melalui proses pembuatan SIUJK dengan menghemat biaya maupun waktu. Tahapan-tahapan sebelum masuk ke proses pembuatan SIUJK sangat penting, artinya Anda harus sudah punya SKA/SKT dan SBU. Untuk ke tahap terakhir, Anda sebaiknya mengajukan pembuatan SIUJK dengan surat permohonan.
Kurang lebih hasil pembuatan SIUJK dapat keluar hanya dengan menunggu sekitar 4-6 minggu dari sejak pengajuan permohonan surat ini. Namun, bisa juga proses berjalan lebih cepat daripada ekspektasi Anda. Setelah SIUJK di tangan, bergabung di tender proyek manapun yang menjadi target akan lebih mudah dan instansi lain siap bekerja sama dengan Anda.
Pengurusan SIUJK sangat penting tidak hanya menjamin perlindungan hukum, tapi juga membuka peluang untuk usaha lebih maju. Maka baik usaha kecil maupun besar, ini saatnya memenuhi syarat SIUJK dan memprosesnya segera.
Jika tidak ingin repot, ada jasa pengurusan profesional yang siap membantu membuat segala hal lebih mudah dan cepat.